RUMUS 16 TENSES BAHASA INGGRIS

RUMUS 16 TENSES

Kata Kerja

Kata Kerja adalah bagian inti dari Tenses Bahasa Inggris. Kata kerja atau Verb pada rumus-rumus Tenses di blog ini, Kata kerja atau Verb ini sering saya singkat V saja. Jadi kalau V+ing artinya sama dengan Verb+ing, sering juga saya tulis sebagai “Ving” saja agar mudah.

Kata kerja dalam bahasa Inggris ada banyak bentuknya: V1, V2, V3, Ving.

Kata Kerja bentuk 1 atau saya singkat V1, yaitu kata kerja dasar, seperti: drink, go, write, read, participate, learn, study, dan sebagainya. Ada kata kerja bentuk ke 2, sering saya singkat V2. Kata kerja bentuk 3 ya V3. Serta Kata Kerja bentuk ING atau saya singkat Ving. Bagaimana cara menggunakan bentuk-bentuk kata kerja tersebut? Ada di masing-masing pelajaran Tenses Bahasa Inggris.

Perubahan Bentuk Kata Kerja

Perubahan bentuk Kata Kerja bentuk 1 (V1) ke bentuk kedua (V2) dan bentuk ke 3 (V2) ada yang beraturan (ada rumusnya) dan ada juga yang tidak beraturan (tidak ada rumusnya). Wah memamg inilah yang membuat bahasa Inggris ini menjadi rumit bagi kita orang Indonesia, haha.

Kata Kerja Beraturan (Regular Verb):

Artinya ya mempunyai keteraturan bentuknya, ada rumusnya misalnya ditambah “D” atau “ED” seperti: live – lived – lived, play, played, played.

Walaupun ada aturannya tetapi aturan perubahan tersebut masih ada beberapa. Daftar kata kerja beraturan ini pun panjang sekali. Saya sarankan Anda mempunyai buku Grammar Bahasa Inggris walaupun yang kecil dan sederhana, biasanya ada di sana. Memang Anda mau menulsinya disini satu per satu?.

Kata Kerja TIDAK Beraturan (Irregular Verb):

Misalnya kata kerja “drink” berturut-turut untuk bentuk ke 1 sampai 3: drink-drank-drunk. Satu contoh lain lagi: break-broke-broken

Masih ingat V1, V2, V3 dan Ving? Jangan lupa apa itu artinya ya, karena akan sering dipergunakan dalam setiap  tenses bahasa inggris

1. Present Tense (Waktu Sekarang)

a. Simple Present Tense (Waktu Sekarang Sederhana)

Rumus :

+ } S + V1 + O/C

- } S + Do/does + not + V1 + O/C

? } Do/does + S + V1 + O/C

Example :

+ } Sisca Reads book everyday

- } Sisca does not Read book everyday

? } does Sisca Read book everyday

Yes He does / No He does not (doesn’t)

For I, We, You, They = do

He, She, It = Does

Contoh kalimat :

(+) She is a new people here.

(+) He plays football every morning

(-) She isn’t a new people here.

(-) He does not playing football every morning.

(?) Is she a new people here?

(?) How playing football every morning?

b. Present Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sekarang)

Menerangkan suatu perbuatan yabg sedang berlangsungpada waktu sekarang.

Rumus :

+ } S + Be + V1 + ing + O/C            >>           + } They are playing badmintoon now

- } S + Be + not + V1 + ing + O/C >>           – } They are not playing badmintoon now

? } Be + S + V1 + ing + O/C            >>           ? } Are they palaying badmintoon now ?

Yes They are / no they are not

For I = am

They, we, you = are

He, She, It = Is

Contoh dalam kalimat :

(+) He is playing badminton now

(-) He isn’t playing badminton now.

(?) Is he playing badminton now.

c. Present Perfect Tense (Waktu Sempurna Sekarang)

Rumus :

subject+auxiliary verb+main verb

Contoh :

(+) you have eaten mine.

(-) she has not been to Rome

(?) have you finished?

d. Present Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Sekarang)

Rumus :

(+): S + have/has + been + Ving
(-): S + have/has + not + been + Ving
(?): Have/has + S + been + Ving

Contoh :

(+) She has been going to Malang since evening.

(+) We have been riding a horse for three days

(-) She hasn’t been going to Malang since evening.

(-) We haven’t been riding a horse for three days.

(?) Has she been going to Malang ?

(?) Have He been riding a horse for three days ?

2. Past Tense (Waktu Lampau)

a. Simple Past Tense (Waktu Lampau Sederhana)

Rumus :

+} S+Be+Was/Were+O/C

-} S+Be+Was/Were+not+O/C

?} Be+Was/Were+ S+O/C

Example :

+} We were at school yesterday

-} We were not at school yesterday

?} were we at school yesterday ?

For I, He, She, It = Was

They, we, you = were

Contoh :

(+ ) I saw a good film last night

( +) He came here last month

(-) I did not see  a good film last night

(-) He didn’t come  last month

(?) Did I see a good film last night

(?) Did He come here last month

b. Past Continuous Tense (Waktu Berlangsung Lampau)

Rumus :

(+): S + was/were + Ving
(-): S + was/were + NOT + Ving
(?): Was/Were + S + Ving

Contoh :

(+) He was watching television all afternoon last week

(+) They were talking about sport when I met him

(-) He wasn’t watching television all afternoon last week

(-) They weren’t talking about sport when I met him

(?) Was He watching television all afternoon last week

(?) Were they talking about sport when I met him

c. Past Perfect Tense (Waktu Sempurna Lampau)

Rumus :

subject+auxiliary verb HAVE+main verb

(+): S + had + V3
(-): S + had + not + V3
(?): Had + S + V3

Contoh :

(+) When my brother arrived , I had painted my motor cycle

(+) The ship had left before I arrived

(-) When my brother arrived , I hadn’t painted my motor cycle

(-) The ship hadn’t left before I arrived

(?) Had I my motor cycle , when my brother arrived ?

(?) Had the ship left before I arrived?

d. Past Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Lampau)

Rumus :

subject+auxiliary verb HAVE+auxiliary verb BE+main verb

Contoh :

(+) They had been living there for two month

(+) When they washed my drees , your father had been playing badminton

(-) They hadn’t been living there for two month

(-) When they washed my dress , your father hadn’t been playing badminton

(?) Had they been living there for two month?

(?) When they washed my dress , had your father been playing badminton ?

3. Future Tense (Akan Datang)

a. Simple Future Tense (Waktu Akan Datang Sederhana)

Rumus :

subject+auxiliary verb WILL+main verb

Contoh :

(+) I will visit to yogyakarta tomorrow.

(+) he will met girl friend by seven o’clock

(?) Will he go to America next month?

(+) President shall at Nederland the day after tomorrow.

(-) President shall not at Nederland the day after tomorrow.

(?) Shall President at Nederland the day after tomorrow?

b. Future Continuous Tense (Waktu Berlangsung Akan Datang)

Rumus :

subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb BE+main verb

Contoh :

(+) I will be writing a comic.

(+) I will be studying tomorrow night.

(-) I will not writing a comic.

(-) I will not be studying tomorrow night.

(?) Will I be writing a comic ?

(?) Will I be studying tomorrow night ?

c. Future Perfect Tense (Waktu Sempurna Akan Datang)

Rumus :

subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb HAVE+main verb

Contoh :

(+) Iwill havefinishedby 10am.

(+) Youwill haveforgottenme by then.

(-) Shewillnothavegoneto school.

(-) Wewillnothaveleft.

(?) Willyou havearrived?

(?) Willthey havereceivedit?

d. Future Perfect Continuous Tense (Waktu Berlangsung Sempurna Akan Datang)

Rumus :

subject+auxiliary verb WILL+auxiliary verb HAVE+auxiliary verb BE+main verb

Contoh :

(+) I will have been reading a news paper.

(+) He will have been listening music.

(-) I will haven’t been reading a news paper.

(-) He will haven’t listening a music.

(?) Will I have been riding a news paper ?

(?) Will He have listening a music ?

4. Past Future Tense (Akan Datang Di Waktu Lampau)

a. Past Future Tense (Waktu Akan Datang Di Waktu Lampau)

Rumus :

Positif: S + would + V1

Negatif: S + would + not + V1

Tanya:  Would + S + V1

Contoh :

(+) He would come if you invited him.

(+) They would buy a home the previous day.

(-) He wouldn’t come if invited him.

(-) They wouldn’t buy a home the previous day.

(?) Would He come if invited him ?

(?) Would they buy a home the previous day ?

b. Past Future Continuous Tense (Waktu Akan Sedang Terjadi Diwaktu Lampau)

Rumus :

Positif: S + would + be + Ving
Negatif: S + would + not + be + Ving
Tanya: Would + S + be + Ving

Contoh :

(+) I should be swimming at this time the following day.

(+) I shall be sliping at 10 o’clock tomorrow.

(-) I shouldn’t be swimming at this time the following day.

(-) I shalln’t be sleeping at 10 o’clock tomorrow.

(?) Shall I be swimming at this time the following day ?

(?) Shall I be sleeping at10 o’clock tomorrow ?

c. Past Future Perfect Tense (Waktu Akan Sudah Selesai Di Waktu Lampau)

Rumus :

Positif: S + would + have + V3
Negatif: S + would + not + have + V3
Tanya: Would + S + have + V3

Contoh :

(+) He would have graduated if he had studies hard.

(+) Nonok will have studied moth by the end of this week.

(-) He wouldn’t have gone if he had met his darling

(-) Nonok will have not studied month by the end of this week

(?) Would He have gone if he had met his darling ?

(?) Will Nonok have studied month by the end of this week ?

d. Past Future Perfect Continuous Tense

(Waktu Yang Sudah Sedang Berlangsung Pada Waktu Lampau)

Rumus :

Positif: S + would + have + been + Ving
Negatif: S + would + not + have + been + Ving
Tanya: Would + S + have + been + Ving

Contoh :

Rianawati would have been speaking English for two years

(+) Mrs. Anisa Munif would have been walking here for seventeen years

(+) Rianawati would have been speaking English for two years

(-) Mrs. Anisa Munif wouldn’t have been walking here for seventeen year

(-) Rianawati wouldn’t have been speaking English for two years

(?) Would Mrs. Anisa Munif have been walking here for seventeen years?

(?) Would Rianawati have been speaking English for two years?

About these ads
    • sidiq
    • Juni 8th, 2010

    makasih tenses2 nya
    komplit bgt
    baguus…

      • meme
      • Juni 10th, 2010

      sama2

      • angela
      • Maret 19th, 2013

      Terima kasih ya, pola tenses nya. it’s so helpful me.

  1. ada tips kah untu mengingatnya??? susah bangget…

    • ada omm nih saya kasih,saya sarankan hafalinn nih kl anda udah hafal pasti kesononya mudahh he he lngsung aja

      i do it
      i am doing it
      i have done it
      i have been doing it
      i did it
      i was doing it
      i had done it
      i had been doing it
      i will do it
      i will be doing it
      i will have done it
      i will have been doing it
      i would do it
      i would be doing it
      i would have done it
      i would have been doing it

      noohh omm ane kasihh smuannya ada 16 he he

        • Devi
        • Juli 24th, 2013

        Itu maksudnya rumus apa ka Riyzzal ???

      • trimakasih kak.,
        lengkapp bangettt (y)
        smoga dapat menambah ingatanku ttg ini.

      • alipopopo
      • April 1st, 2013

      emmmm
      kya’a ga ada dech
      coba tny ke pcrkmu lah

    • gw
    • Desember 21st, 2010

    mantabz…
    thankz ea///////……..

      • magfirah
      • Mei 23rd, 2012

      GOOD JOB

      intan :
      makasih yah tenses2 nya membantu saya menyelesaikan tugas saya …

      I LIKE SO MUCH

    • intan
    • Januari 26th, 2011

    makasih yah tenses2 nya membantu saya menyelesaikan tugas saya … :)

      • chocho
      • Juli 10th, 2012

      iyanih.. kalo aku , ini semua jawaban tugasnya :D

  2. txs ea tenses nya…selesai dgn cepat deh tugas ku….

  3. makasih ya :D berguna nih, gausa liat kamus, biar gampang lewat gadget :p

    • Heheh
    • Februari 7th, 2011

    Trimzzz….Komplit bgt tensesnya :D

  4. Aduhh lengkap bangat izin copy ya ntar saya kasih tau sumbernya di bawahnya !!

    • endanz
    • Maret 17th, 2011

    wah bagus bangt neh ???
    mksih yea tas info yea…
    i Like it ..

    • felicia
    • Maret 18th, 2011

    gmna cara menghapal rumus2 ini…
    sulit sekali….

  5. saya berterimakasih atas Tenses yang begitu membantu saya untuk menyelesaikan tugas Dari Sekolah saya,
    semoga terus menerus bangkit,,dengan tenses,,,salam tenses,,,,?

  6. terimakasih tenses semoga tenses selalu orang menyukainya, apa kah itu tenses, tenses mememang nyata dengan kehebatanya, apa kabar bagi dirimu untuk tenses.

  7. wah bagus bangt neh ???
    mksih yea tas info yea…
    i Like it ..

    • weling
    • April 11th, 2011

    manja

  8. saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Tenses bahasa inggris, sebagai mana saya bisa mengerjakan tugas dari sekolah, karena ada tenses maka saya bisa mengerjakan tugas dengan baik.
    jadi saya sekali lagi saya berterimakasih atas Nama Tenses yang begitu membantu saya.
    semoga TUHAN yang mahakuasa bekerja dengan anda, di Tenses tersebut.
    AKU SANGAT MENYUKAI TESES.
    TERIMAKASIH TENSES.

    • alan darma
    • April 15th, 2011

    gila lngkap banget ne tensesnya, kren’, jd enk bwt belejar..

  9. Thanks bro…moga2 manfaat ilmu yang udah dishare ke kita2

    • stepanus sinaga
    • April 18th, 2011

    thanx ea buat tenses_a. . . . .

    • Agszz
    • April 19th, 2011

    .,trima ksih bos atas tensesnya . . mdah”an bsa mmbntu sya dLam mnjLnkan UAN bhs. inggris . . .

    .skses sLLu y bos . . . :)

    • Roxas
    • April 20th, 2011

    Komplit klu bisa di beri juga video percakapan tensesnya !
    agr lbh akurat lagi,n lbh brmanfaat !

    • yanik
    • April 20th, 2011

    MAKASSSIIIII

    • Radi Satria
    • April 21st, 2011

    It’s very good buat pemula

    • ida
    • April 24th, 2011

    thank’s bngat buat tenses krna sdah sngat mambantu aq from:IDA TAMPUBOLON

    • NEW YZF R15
    • April 29th, 2011

    Terima ksih banyak,om.
    atas artikelya.

    • yusuf
    • Mei 4th, 2011

    Menurut opini gue, tenses itu emang penting. Cuman utk skrng ini yang lebih penting tu skill conversationnya. Buat apa ngapalin dan nguasai semua tenses tapi gak bisa conversation.
    Dari pengalaman gue chatting ama orang bule, meskipun tenses gue masih amburadul tuh bule masih ngerti koq maksud gue dan kami bisa ngobrol dengan lancar.
    Tapi lambat laun dengan sering chatting dengan bule gue yakin gue akan bisa memperbaiki tenses gue

    Anyway, penjabaran tensesnya cukup gamblang, Thanks

  10. mksh ya udah bntu aku kerjain tugasku tnse bgus banget

  11. kerenn gann,mantap nih ane masih smp sangat berguna bagi pelajar yang ingin belajar
    TOP deh hehe
    THANKS

    • dila
    • Mei 18th, 2011

    maksihhh… banget tenses nya complittt…

  12. kox cma present tense

    • RAMONA HARNONG
    • Mei 31st, 2011

    ADUUUH GIMANA YAH BIAR cepet hapal tensesnya??? ada tips nga??

    • agus istiqlal
    • Juni 1st, 2011

    banyak menghafal vocab…dijamin cpt paham bhs inggris……met belajar///

    • Shadarman laoly
    • Juni 2nd, 2011

    Thank’s ea……
    udah bantu dkit dalam mngrjakan tugas2.

  13. thanks bgt tenses nya lengkap

    • teddy setiadi
    • Juni 16th, 2011

    thanks are willing to share

    • Abdul A
    • Juli 4th, 2011

    thanks, ijin copy ya…

    • irene lemansyah
    • Juli 20th, 2011

    thanks yaa bisa buat aku blajar bahasa inggris tambah giat

    • salsa
    • Juli 24th, 2011

    makasih ya atas tensesnya..

    • ass
    • Juli 26th, 2011

    Enought for my home work.

  14. Thx!
    izin copas y gan! :)

    • iqbal
    • Agustus 4th, 2011

    makasih banget yaa…lengkap semua

  15. baguss,,,kita bsa blajar tnpa buka2 buku, enteng tonggal telusuri d google heheheee

  16. baguss,,,, bgi sy yg mlass buka2 buku tinggal telusuri via internet aja
    bsa blajar d mana aja hehehe
    thankss

  17. baguss,,,,
    bsa blajar instant via net heheee
    thankyou

  18. kira2 gmna yach biar bsa hafal smw tensesnya dlam sehari???
    Wkwkwkwkwkw
    thankyou2

    • juli
    • Agustus 12th, 2011

    thank s banget y …

    • yolha mutz
    • Agustus 18th, 2011

    thank you
    atas tenses nya
    moga yang bikin ini tambah pintar
    amien……………….

    • Anas
    • Agustus 20th, 2011

    Makasiiihhhh banyaaak ya atas bantuannya ,, semoga ilmu yg di dapat dari sini bermanfaat .. dan buat yang nulis, moga tulisan ini selalu bermanfaat dan mendapat berkah dari tulisan ini .. :-)

  19. makasih bangett……..
    tugas aku bebar – benar terbantu,,,,,,,,.,.,

  20. thanx veyy much……….

    • yuyulili
    • Agustus 30th, 2011

    thanks ya ..
    tugasku jadi cepet selesai dehh :D

  21. Makasih udah beri tau rumusnya…………THANKS

  22. Thank you for tenses.
    Because,,,saya bida dpat mngerjakn tgas dri kmpus.

    • dedi
    • September 12th, 2011

    + } Sisca Reads book everyday

    – } Sisca does not Read book everyday

    ? } does Sisca Read book everyday

    pertama anda kasih contoh : siska baca buku
    Terus anda ralat : siska tidak baca buku
    Akhirnya anda bingung sendiri : apakah siska baca buku?

    selain untuk tujuan pengenalan struktur, tolong perhatikan juga faktor logika

      • Tini
      • Juni 21st, 2012

      Paling tidak hargai hasil kerjaan orang lain,kalau mau MENCELA / memberi saran yang baik silahkan sekalian anda kasih contoh yang seperti anda MAKSUD!
      Terimaksih,

      • hyerin
      • Januari 16th, 2013

      kalimat itu d ubah dari positive, ke negative, dan introgative, penulis menunjukkan bagaimana cara mengubah kalimat itu ke bentuk lain, jd ga ad hubungannya siska mau baca buku atau nggak ><

    • Kamu itu Paham ga Maksud Penjelasan Dari Tiap Kalimatnya itu..???
      Kalau Ga Paham Lebih Baik Bertanya lagi.
      dan di pahami lebih dalam lagi.

      Bukanya Sok Tau Apalagi sok Pinter Parahnya lagi Ga Paham Malah Mencela :(

      Maksud Si Penulis Block Dia Tuh Menerangkan Bagaimana Penerapan Rumus demi Rumus tense itu dalam tiap2 kalimat.
      mulai dari kalimat positive ke Negative Lalu Ke Kalimat Bertanya.
      getu Maksudnya.
      Paham.

      Lain Kali kalau belom Paham Betul jangan terlalu Banyak Coment yg Ga ga lah.

    • Conway’s ABet
    • September 13th, 2011

    thank’s utk tenses ny y….
    mrasa brsalah klo gak ucapin makasih neh…

    hehehe… :)

    • hana_muthia
    • September 13th, 2011

    kalo kalimat verbal ama nominal nya gimana??

    lagi ada pr nih d’suruh bikin kalimat nya…

  23. mkasih y tense nya…

    • muhammad habib
    • September 14th, 2011

    terima kasih atas tensesnya…

  24. makasii ya bantu banget nih :D

    • lilye
    • September 20th, 2011

    mantap banget ku jadi lebih mengerti sama tenses2…nya

    • Rara
    • September 21st, 2011

    makasih y,, blog anda sangat membantu saya dalam belajar tenses

    • prasetya
    • September 23rd, 2011

    thanks buat tenses-nya sangat membantu

  25. Terimakasih atas kajianya tentang tense ini dan ini sudah merupakan bantuan buat kami

  26. tensesnya membingungkan. seperti kacau strukturnya.

    • muhamad ingwi rizky
    • September 24th, 2011

    alhamdulillah . .tuntas juga .
    terima kasih untuk tensesnya :)

  27. makasii yah,,,tugas sy jdii slese euy,,lengkap bgt,,,mksii yah ,,muacccchhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    • ersilia cesaria
    • September 26th, 2011

    bagus banget membantu saya buat ulangan b.ing tentang tenses
    makasih

    • ersilia cesaria
    • September 26th, 2011

    boleh tanya gak auxiliaryverb itu apa ? makasih

    • ersilia cesaria
    • September 26th, 2011

    tolong saya buat ngapalin !!! hahhaha B)

  28. akhirnya dapetjuga daftar tensesnya

  29. tenses.a lengkap bgt .

    • azyzah
    • Oktober 6th, 2011

    kta2a mudah d mngertii… thankz yaah tensesx ;)

    • Nadilla Aprii Yanii
    • Oktober 8th, 2011

    thank yaa,jdi gmpang deh ngrjain tugas. :)

  30. terima aksiiih. ini sangat membantu
    teruslah berkarya dan sharing

  31. thank so much””……

    • ardan indra lukmana
    • Oktober 15th, 2011

    thanks for the information…..this is very helpful.

  32. Thank’s For Tenses Mr.

    Your Smart in the people

    • ananimus
    • Oktober 19th, 2011

    menurut saya people who can speak English fluently belum tentu he/she can write well and correctly. karna pasti apa yang dia tulis ada bahasa ‘speaking’ :)

    • ikhsan bakhtiar
    • Oktober 23rd, 2011

    kalo bisa tolong tambahin Passive voice dan Non verbal per tenses

  33. maturRRRR Nuwunnn,,,,,,,,,,,

  34. mantap

    • Peni_key
    • Oktober 27th, 2011

    AQ ikut copy y, , , thx. . tense nya berguna bgts buat aQ . . . :) :)

  35. makasih …. I like It

  36. Keren

  37. Thank’s

  38. bagus , saya suka artikel ini

    • dian
    • Oktober 30th, 2011

    thanks ya,

  39. thanks , lumayan membantu nih

    • effri
    • November 2nd, 2011

    semua hanya menjelaskan kata kerja,gmana kalo kata benda…?

    • ardabili
    • November 3rd, 2011

    Makasih sangat brmanfaat bagi pemula sperti saya.

    • Arif B.
    • November 3rd, 2011

    Big thanks…sip banget…semoga berkah dan menjadi amal baik

    • RERE
    • November 6th, 2011

    THANKS FOR UR KNOWLEDGE. IT’S REALLY VERY HELPFUL

    • irdiansyah rahmat
    • November 8th, 2011

    thanx bro,,, lumayan buat bahan belajar uts bsok..

    • suryono
    • November 9th, 2011

    terimakasih aku jadi bisa buat rumus tenses 4×4 biar lebih mudah menghapal 16 tenses
    belajar bahasa inggris biar mudah kuncinya dimana ya maksih sebelumnya?

    • anggie
    • November 10th, 2011

    dhuccch,,
    ada cara smart gag bwt ngafalin shemua tenses inii,,,??

  40. THANKSSSSSSSS

    • widjie
    • November 16th, 2011

    hatur nuhun gun………gomawo

  41. makasiih yahh ,, jadi selesai dehh tgas presentase tntg tensesku ,, :) :*

  42. thanks!untuk web ini

  43. thanks,sudah membantu

    • dephie
    • November 23rd, 2011

    thanks yach q dah bisa nylesein tugasqqqqqqqqqqq :-D

  44. makasiih~ ^^

    • ojan
    • November 25th, 2011

    terima kasih banyak ya om

    • roberto
    • November 29th, 2011

    makasih ya

  45. untuk “past tenses” ada yg perlu di revisi pada bagian verbal tense-nya yg kalimat negatif (-). harusnya memunculkan auxiliary “did”. rumusnya juga hanya untuk yg nominal saja tuhh

    • commenter
    • November 29th, 2011

    coba ditambahkan pasivenya ya

  46. Wah, terima.kasih. Ya, rumus2 ini membantu sekali, tugas saya selesai semua, tapi Susah Di mengerti. Tapi. Tak. Papa:-D

  47. MaKasih buat rumus2 nya :-D,rumusnya simple Dan mudah Di mengerti.okey

    • king mas bro
    • Desember 2nd, 2011

    wow,,, that’s good,, i like it thanks,,,,,,,,,,

    • rifialalif
    • Desember 3rd, 2011

    triiiimmssssssss…..

    • Dwi Wahyuni
    • Desember 6th, 2011

    Membantu :)

  48. terima kasih

  49. terima kasih ya….
    komplit banget 16 tenses ad d situ….
    makasih banyak….
    atas bantuan nya…. :) :D

    • arix
    • Desember 13th, 2011

    ..

    • verjy nia
    • Desember 14th, 2011

    horeeeee tugas selesaiiii thank’s you ya………………..

    • vivi
    • Desember 26th, 2011

    thanks yea , akhirnya aq bisa nyelesai tugas ………………………………………….

  50. Wow, ck-ck… komplit banget, lebih daripada punyaku….
    kalo mao silahkan liat di – want2with.blogspot.com –
    nih link download punyaku :

    http://www.ziddu.com/download/18022802/Tenses.rar.html

    • Nuratifa
    • Januari 4th, 2012

    I LIKE IT
    tensesnya lengkap banget…….!

    • mandela
    • Januari 6th, 2012

    wah keren sekali.. terimakasih:)

    • meila
    • Januari 11th, 2012

    thank ngebantu bgttt

  51. tq buat tensesnya..sangat membantu….btw mau nanya bagaimana caranya bisa menguasahi bahasa inggris…dan apa kira2 langkah2 atau dasar dasarnya belajar bahasa ingris…apakah dari membaca, mendengar dll tq

  52. tq banget…sukses buat u..

  53. Gan, kok ada yg beda (cuman sedikkkitttt banget) sama punya ku ya??
    Silahkan rekan2 lihat di: http://adf.ly/4h3UY
    Kita sama2 belajar. Mohon kritik dan tanggapan buat punyaku jg ya…
    ‘- -V

    • ihsanz
    • Januari 14th, 2012

    thx nie . .
    Lengkap sangadt

    • ATHO
    • Januari 19th, 2012

    WWAAAHHHH,,
    kerenn,,,, kerenn,,,

    andai ada video practic’y,,, makin keren bgt pastinya.

    • bang opi
    • Januari 19th, 2012

    makasih bget bwt yg bikin blog ini…
    aku jd ingat kmbl rumus tenses
    makaci pokoknya..

  54. TQ tenses nya !!

  55. TQ Tenses nya

    • nenie cahyati
    • Januari 24th, 2012

    confused, because less spesific….. :(

    • kartika
    • Januari 24th, 2012

    sangat cocok untuk berlatih sendiri

  56. tahnk’x yaaa komplit bangets nihh
    jd gk repot

    • nugraha
    • Januari 25th, 2012

    mantebz gan tensesnya…
    lanjutkan…

  57. hhmm…

    thank’s atas bantuan nya :)

    • Nani
    • Januari 30th, 2012

    ijin copy yaaaa,,,,

    • christine
    • Februari 2nd, 2012

    NICE.. !!
    good job deh,, :)

  58. sangat membantu :))

    • diyan
    • Februari 5th, 2012

    koq nominalx ga ad sih….????

    • bagus
    • Februari 5th, 2012

    thank’s atas ensesnya

    • rona gokill
    • Februari 9th, 2012

    nie sngat mmbntu gw.. krna gw pngin lncar b.ingg..
    hbis na mng_hfl stu2 ssh bngetz..

    • Ilham Alfian
    • Februari 9th, 2012

    Terima kasih buat ilmunya.. Semoga Tuhan membalasnya.. Amiin :)

    • izarul
    • Februari 11th, 2012

    bagaimana caranya supaya cepet bisa bhs inggris apakah dengan sering membuat kalimat itu cukup efektif

    • rani
    • Februari 12th, 2012

    makasi ya, berkat ini sya bs bljr dg baik ^_^

  59. thanks bro..

  60. okeh belajar bahasa inggris hahahaha !!!

  61. okelah kalo begetooo …

  62. Mkasih tense.a. .sangat membntu, jd kan gmpang gak usah bka kamus..:-)

  63. please send all formula tenses by me

    send to azisnisty@ymail.com

  64. terima kasih banyak …:)

    • andrian
    • Februari 22nd, 2012

    Okey,

    • dicky
    • Februari 22nd, 2012

    MAKASIH YA UDAH MEMBANTU NGENYELESAIN TUGAS!!!™▲™ :)

    • PUTRA
    • Februari 23rd, 2012

    simple past tensenya .. pada umumnya menggunakan tobe ‘did’

    • hafidzalwi79@yahoo.co.id
    • Februari 23rd, 2012

    thanks yy tenses nya :D

  65. Thank For Your Helping,,:>

    .

    • RafidahPutri
    • Februari 27th, 2012

    azeekkk.. makasihh yaa tensesnyaa :) buat ngerjain tugas nih~

  66. gilaaaaaaaaaaaaaa,,, keren banget
    makasih banyak yah sudah menolong saya

    semoga Allah membalas kebaikan anda…

    • Fadli
    • Februari 28th, 2012

    Makasih banget ya untuk daftar tensesnya, jadi aku bisa mempelajari bahasa Inggris dengan daftar tenses yang sangat lengkap.
    Maju terus . . . ;)

  67. so lengkap yang aq cari,,,,

  68. thanks…..

  69. semua ingin pintar aq juga dong mudahx2han bisa pintar

  70. all english easy tuh know if the formula y

  71. Aku pngn minta saran neh,
    aku itu bermasalah ama listening, and agak bermasalah dkit ama speaking.
    gimana ya caranya, biar qta bsa listening dgn baik and speaking dgn baik.
    lw menghapal n writing aku tdk mempunyai masalah,

    tolong yah,,, pak, buk, mas, mba’ n siapa aja dech,,,,
    thank you sblm n ssdhnya, yah,,,,
    ” Love u all “

    • rafarachmawan
    • Maret 3rd, 2012

    om lengkap aja….

  72. good good hehe

    • ilham aldri
    • Maret 5th, 2012

    makasih …..

  73. Terima kasih banyak atas rumus-rumus tenses nya
    ini sangat berguna sekali buat : saya pribadi,
    istri, anak dan anak-anak tetangga

    Wassalam

    • niken yuanita
    • Maret 9th, 2012

    alhamdulillah yah buat tugas kuliah maksihhh ….. maksih buat share ilmu nyaaaaa

    • dewi
    • Maret 10th, 2012

    terimah kasih atas tense nya,,,,

    • kai
    • Maret 11th, 2012

    thanks yaa =)

    • amborsius
    • Maret 13th, 2012

    Thanks n sangat membantu

    • Eng noob
    • Maret 14th, 2012

    injin dunlud gan

    • shelly
    • Maret 15th, 2012

    yuppsssss,..english itu sebenarnya sangat mudah asalkan kita mengguasai tenses+rumus2nx,.makasihhh banyak aku jadi lebih mudah lg tuk belajar english!!!

  74. thank you so much

    • Shofura Rafega
    • Maret 17th, 2012

    makasih banyak , aku jadi semakin ngerti .. :)

  75. Makasiih ya broo

    • Donen
    • Maret 19th, 2012

    izin sedot buat belajar….
    makasih !

    • darmanto
    • Maret 20th, 2012

    thx uda share ya?

  76. hemm…jd slesai tugas dde q krn bantuan tenses ne.

    thx yuah :)

  77. thank’s dh ngebantu nyelesai’in msalah ,,,,,saya

    thank’s for all

    • dian
    • April 1st, 2012

    makasih yah jd gampang bantuin ade belajar

  78. makasi ya….. aku mau garap tgas dulu,,,,,,,,,,

  79. mksi y ats bntuan nya

  80. thx ya sekarang aku tau :)

    • ajaady56@yahoo.co.id
    • April 5th, 2012

    bgus2.ini baik utk blajar thanks”y

    • geno
    • April 9th, 2012

    thanks for it….and it’s very help me..?

  81. Blognya bagusss, bisa jadi referenci tambahan

    • zukko
    • April 14th, 2012

    thx ya keren bgt…..

  82. Terimakasih y itu sangat membantu………….di tambah terus y

  83. thanks..sgt membntu..

    • ajie
    • April 16th, 2012

    makasih ya postingan’y itu sangat membantu

    komplit banget bagus

  84. SANGAT MEMBANTU GAN . MAKASIH ..
    IJIN COPY . ….

    • zanna siregar
    • April 19th, 2012

    ass. terimah kasih atas tugas b.inggris nya,kompilit bangat bagus lagi…

    • mila
    • April 21st, 2012

    lengkap bgt,,
    mksih,, jdi bsa lbih bnyk mnghapal rmus lgi :)

  85. kerenn ..

    • rama
    • April 21st, 2012

    bagus,sangat membatu

    • Priskila Theeva
    • April 24th, 2012

    thx..
    bantu banget ngerjain tugas

    • Ira
    • April 26th, 2012

    Maksih banget ulasan tensesnya..

    aku pelajari buat ikutan TOEFL ini…____^

    • zie safir
    • April 27th, 2012

    trimsss…. ni sgt mmbntu

  86. lumayan tapi berguna banget hahahahahhaha

  87. ah tau bingung

  88. kuak kuak kuak cece,cece jangan begitu seharusnya cece terimah kasih ok

    • intaaan
    • Mei 1st, 2012

    Syukron Jazilla,
    jakallahu katsiraan

    • Bams
    • Mei 5th, 2012

    wah.. bagus buat materi ngajarin.. :) thank’s n izin copas ya..

    • hasbie86
    • Mei 8th, 2012

    sangat membantu sekali bagi yang baru belajar…….. :D

    • rizky
    • Mei 8th, 2012

    thank’s yha,,, jdi tw nhe cra2 na.. :P

    • romadhon
    • Mei 9th, 2012

    makasih kk dah bantu saya,,,

    • seyoung~
    • Mei 13th, 2012

    makasih… banged buat informasinya n jwabanyaa… sangat membantu buat ngrjain tugas.. :D

    • archi yanuar
    • Mei 15th, 2012

    sangaaaaat membantu, semoga tuhan membalas kebaikanmu :))

    • lat
    • Mei 15th, 2012

    KOMPLIT

    • mr. abdullah al-anis
    • Mei 16th, 2012

    TERIMAKASIH JAVASUN3’S, semoga bermanfaat untuk kita semua..

  89. Wah, contoh past tense salah mas mohon di cek ulang, menyesatkan…!

    • Fida
    • Mei 23rd, 2012

    wah, makasih sudah membantu saya dalam menyelesaikan tugas :)

    • agt
    • Mei 25th, 2012

    hati-hati bagi yang menggunakan info ini, perlu dicek beberapa kaimat yang meragukan, semisal “(?) How playing football every morning?”

    • hanna
    • Mei 25th, 2012

    ga ngerti ih! harus ya v1 v2 v3 kenapa ga yg bener aja kata2 nya. :/

  90. Reblogged this on awesomeyyy.

  91. tq om

    laksamanalesmana.blogspot.com

    • amanda myta
    • Mei 30th, 2012

    shiip…..mskipun di singkat saya sdah ckup ngerti.and cuma org yang gak mau memahami aja yang gak ngerti thanks…..FOR ALL gak semua org loh mau berbagi ilmu pengetahuan.

  92. Syukur dech ktmu …….

    uda pusing gwa na
    thanks ya…………….

    • ari
    • Juni 14th, 2012

    masih bingung hehhehehe

  93. Good article. thank you :)

  94. muka anda bau

  95. doa in ana dapat nilai bagus dan bagi yang ngasih di balas yang maha kuasa

    • Andre algasi
    • Juli 4th, 2012

    Susah bget untuk memahaminya_ seandainya dilengkapi dg terjemahnya_ lebih mudah gan_

    • zie
    • Juli 7th, 2012

    kk gak diterjemahin sekalian contoh di tas,.
    laila@ok

  96. mantap…………………….

  97. makasih yagh karna kamu tugas aku selesai…….^_^

    • poetrhe
    • Juli 17th, 2012

    mkasih ya tenses ny,,
    aq cba nghapal ny..
    krn lg q btuh kan bgt .

  98. mantab nih, thank’s bro ini sangat-sangat berguna&gk sia-sia anda membuat ini…. >,<

    • Ceviro
    • Juli 20th, 2012

    yg bener itu 12/16 tense

    • yusuf
    • Juli 22nd, 2012

    mkasih banget…….

    • artesa tsaniaki
    • Juli 25th, 2012

    thanks :)

    • ahmad
    • Juli 26th, 2012

    makasih banyak,aku jadi tambah mengerti tentang bahasa inggris…..

  99. aduuh banyaknya, gimana cra cepata hafalnya sih?? ternyata tak semudah yg aku bayangkan >,<

  100. Makasih banyak tensesnya, membantuku mengerjakan tugas sekolah. Aku izin copas di blogku, nanti kucantumkan sumbernya dari blog ini.

  101. makasih banyak semoga aq bisa aku kirain bhs inggris tuh sulit :)

    • abdul
    • Agustus 21st, 2012

    Thanks infonya, akhirnya ketemu juga buat tugas b.inggris

    • Yusfa
    • Agustus 23rd, 2012

    makasih tensesnya
    bantu banget
    *diberi tugas bikin buku saku isinya tenses =w=d

    • kiki
    • Agustus 24th, 2012

    makasihh yaa .. akhirnya tugas.ku bisa slesaii .. :)

    • ibnu choir
    • Agustus 27th, 2012

    thanks yah
    maksh bnyk

  102. terimakasih untuk pelajaran nya …

    • ryanto
    • Agustus 29th, 2012

    thanks you so much for its tense

    • haarp
    • Agustus 29th, 2012

    Tugas TOEFL semester satu selasai dah….

  103. Thank you very much
    I hope I can grasp and understand
    This is very useful for me

    • yayo
    • Agustus 31st, 2012

    thanks for all.everything I need to learn more English in

    biar deh biar lancar pakek b inggris jadi coba pakek b.inggris.
    makasih tensesnya membantu

    • kesya widya putri
    • September 2nd, 2012

    thanks ea tenses nya lengkap saya jdi tau deh semua tenses

    • avie MVPs
    • September 3rd, 2012

    yayaya

  104. Terimah kasih untuk pembelajaran nya.

    • angel
    • September 11th, 2012

    wahh tenses’y membantu banget, thank’s eaa ^^

    • Rizka Amalia
    • September 17th, 2012

    thanks brmanfaat :)

    • berlin
    • September 22nd, 2012

    anjink kamu gk ahli sama sekali b inggris ?

    • Irpan Rojana
    • September 25th, 2012

    HM makasih tensesnya sangat membantu banget buat belajar yang masih dasar…

    • tito
    • September 25th, 2012

    O/c itu apaaaaa?

    • esoen tok
    • Oktober 2nd, 2012

    oh yes oh no

    oh yes oh no

    oh yes oh no

    oh yeagh.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • zahra
    • Oktober 2nd, 2012

    i like it

  105. aq juga gak tau bhs inggris
    fill in your details or click and icon to lok in ;;;;;;
    a7x artinya [avenged sevenfold]

    • ibnusayuti
    • Oktober 5th, 2012

    syukron,ana izin mau copy paste

    • mellyani
    • Oktober 6th, 2012

    izin copy ya gan…
    terima kasih ya:)

  106. MANTAP JAYA TENSES`NYA ….. tugas english cpet mari broo…..
    ^_~

    • adi
    • Oktober 9th, 2012

    trimakasih kak….. Tuhan memberkatimu.

    • eka
    • Oktober 9th, 2012

    terimakasih atas bantuannya

  107. Tenses nya bagus. Anda berusaha untuk membagi ilmu yang bermanfaat kepada orang2 yang butuh pngetahuan tentang Tenses Bahasa Inggris. Tetapi saya mohon maaf, saya melihat tidak sedikit kesalahan-kesalahan pada tulisan Anda, seperti pada pattern dan contoh kalimat yang anda buat.
    salah satu contoh kesalahannya pada kalimat ini: Came He here last month. Seharusnya=> Did he come here last month?
    Alangkah baiknya jika tulisan Anda diperbaiki.
    Semoga komentar saya ini bermanfaat bagi Anda. :)

      • meme
      • November 17th, 2012

      thnks,…di cek lg aja

  108. thank’s you tenses it’s the best

    • sheriestani
    • Oktober 22nd, 2012

    maaf ini rumusnya msh agak byk salahnya.. cuma ngasih tau aja kok..

    • Effi
    • Oktober 23rd, 2012

    Yang past tense tolong diedit dong

    ( ) I saw a good film last night
    ( ) He came here last month
    (-) I DID NOT SEE a good film last night
    (-) He DIDN’T COME last month
    (?) DID I SEE a good film last night
    (?) DID He COME here last month

  109. thanks atas penjelasannya….

  110. Wow… trimakasih banyak telah menjadi referensi dalam tugasku… :oops:

  111. assalam…………
    izin sedot y……..terima kasih, sangat membantu unutk ngrjain tugas.
    wssalam

  112. thanks for your knowledge to share at this situs. i like it

    • viana
    • November 10th, 2012

    sangat membantu , Gomawo :D

    • Indra
    • November 11th, 2012

    waahh, membantu banget nihh. Makasihh yaa :D

    • meland
    • November 16th, 2012

    lengkap bgt……

    • Ulum
    • November 17th, 2012

    This tenses is so amazing, axcellent, i give thank for maker this tenses. God bye

    • haviz
    • November 19th, 2012

    tankz buat tensesnya

  113. Thanks ,, ini cukup membaantu q dlam menyelesaikan tugas q .. mkasih

  114. sip terima kasih.. buat nambah pengetahuan.. kalo perlu kesini lagi ya

  115. sepp(y) buat tenses nya…

  116. makasi ya..:)
    uda ngebantu tuk ujian semester bsok.. ;)
    sepp…
    aku kasih 5 jempol (y) (y) (y) (y) (y)….. :D

  117. makasih bgt, sangat membantu….. ;)

  118. thanks ^^

  119. wah mantep postingan tensesnya mabro!!!
    simple plus contoh lagi hehe *bigthumb

    • mery yuliana hsb
    • Desember 14th, 2012

    gimna sie cara gmpang tu mngingat nya,,,

  120. thank you gan,.. ane udah kuliah keluar negri masih perlu belajar beginian,… thanks bnget agan,….

    • Marliana utari
    • Desember 17th, 2012

    Mksh yyh ats informasi tenses2 … Nii sngat brguna untuk saya yg msh SMP…
    Thank u so much…

  121. makasih ya udah membantu tugasku ,
    thank’s

    • Alam
    • Januari 3rd, 2013

    tanks y tensesnya…. :)

  122. terimakasih y :)
    bermanfaat

    • dessy
    • Januari 14th, 2013

    thanks tenses nya…

    • Nandito
    • Januari 16th, 2013

    Tidak buruk.

  123. KA MAKASIH YA ILMUNYAA :D

    • candra
    • Februari 24th, 2013

    makasih prifatnya

  124. Ini salah satu fungsi teknologi komunikasi. Bila dimanfaatkan dengan baik, hasilnya akan baik pula.
    Terima kasih sudah memposting tulisan/materi di atas. Semoga tuhan meridhoi kita semua… Aminnn.

    • septia
    • Maret 7th, 2013

    makasih banyak atas bantuanya

  125. follow beckk.. makasihhhh

  126. aku suka banget
    @Anistasya_PS <— my twitter

  127. Semoga dengan info ini saya lebih mengetahui tentang Bahasa Inggris

    • dhita sevimli
    • April 5th, 2013

    makasih ya…, ngebantu banget..

  128. trims yea

    • sdsd
    • April 11th, 2013

    keren mas tense nya

  129. lebih banyak dong

    • sie maniest ajha
    • Mei 18th, 2013

    thank yha tensesnya komplit bngt n mudah banget untuk di pahami :)

  130. I am regular visitor, how are you everybody? This paragraph posted at this site is actually good.

    • sugeng mukarto
    • Juni 11th, 2013

    Saya pingin bisa dan mengerti bahasa inggris, apa yang harus saya lakukan dan mulai dari mana saya harus belajar trimakasih

    • purnama kapoor
    • Juli 3rd, 2013

    lengkap bangetzz

  131. Hello there, I found your website by means of Google at the
    same time as searching for a related subject, your web site came up,
    it seems good. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, simply changed into alert to your weblog through Google, and found that it’s really informative.
    I’m going to be careful for brussels. I will be grateful in case you proceed this in future. A lot of folks might be benefited from your writing. Cheers!

    • sailen
    • Juli 29th, 2013

    makasih !!?

    • Nilai Inggris dari 0-100
    • Agustus 19th, 2013

    Thanks, jadi ngerti, dan tingal Copy ke Word untuk di print

    • zah
    • Agustus 22nd, 2013

    Thanks …..

    • siti zarfia
    • Agustus 23rd, 2013

    makasi ,,,, nhy sngat brmanfaat buat saya,,,

  132. sip banget! jazakumullah khoir dan barakallah untuk ilmunya…

    • astriiy
    • Agustus 30th, 2013

    astriiy 082345585819
    mkch ych ….

  133. Saya Ijin Copas + saya kasih Sumbernya =D Lumayan Buat Tambah Visitor + pengetahuan =D

    • jen
    • September 2nd, 2013

    amazing

    • gas
    • September 4th, 2013

    izin kopy y, .? thanks

      • EL
      • September 8th, 2013

      lengkap banget :D ijin copas ya

    • Ryn
    • September 13th, 2013

    Thank udah buat rumus ini.
    Sngat2 membantu saya dlam mngerjakan tugas :)

  134. thanz buat tensesnya:::::::::::

    • vina
    • September 29th, 2013

    no one ever sow me like you do

  135. thank’s ajah yah….:)

  136. Nowus Heb

  137. lengkap banget tensenya..

  138. Thanks >< bantu banget :3

    • Jemi
    • Oktober 13th, 2013

    lengkap banget rumusnya, saya jadi tambah ngerti ttg tenses
    thanx very much….

  139. makasih kakak sayang berguna banget lho artikelnya :D

  140. Nice article gan, so complete,, Bagi yang ingin mendalami tenses, baca juga: Memahami Tenses Tanpa Menghafalkan Rumusnya di: goo.gl/pXQH24

    • vita
    • Oktober 22nd, 2013

    apa beda “i have been doing it” sama i have done it”

  141. makasih banyak ilmunya.. hhe

    • rinaldoaldo93
    • Oktober 23rd, 2013

    Reblogged this on Postingan Suka-Suka.

  142. trmksh gan, rumus2nya tenses… :)

  143. Memang Tenses tu puanjang penjelasannya… coba alternative rumus praktis ini deh:

    http://belajarenglish.com/2013/02/cara-mudah-dan-cepat-memahami-tenses-tanpa-menghafal/

    • Andi Mizi
    • November 24th, 2013

    Blog Yang bermanfaat :) 1000 like buat anda :)

  144. peniiiing kepala gw,. lebih ringan ngapalin rumus matematika,. dari pada b.inggris,.. soalnya ada lebih dr 1000 kata ,. mesti di hapalin ,….. streees ,. dahh

    • habroshi
    • Desember 14th, 2013

    Terima kasih Buat Tensesnya Sanggat Membantu :)

    • ariana yuki chan
    • Desember 23rd, 2013

    oh no , its to difficult….

    • Fitri
    • Desember 31st, 2013

    Kaka.. Blog kaka ini sngat mmbantu, dan juga sangat jelas untuk dipahami lain dari blog yng lain..
    Jadi smangat yaa kakaa

  145. thanks present tenst nya

  146. komplit sekali posting tensesnya. mampir juga di blog ane. rumus grammar bahasa inggris lengkap

  147. Tenses ini adalah bagian paling susah di bahasa inggris, trims banget buat mimin yang udah bikin postingan cantik ini

    kunjungan balik yaaa …goo.gl/fb/LuEPb

    • bona
    • Mei 13th, 2014

    OK

    • wulandari
    • Juni 22nd, 2014

    terima kasih, sangat membantu :)

    • Eric
    • Juni 26th, 2014

    Good job

    • fragarivi
    • September 18th, 2014

    i_(not attend) any parties since i_(come) here

    • Penny Nababan
    • September 24th, 2014

    long life education.

  1. November 2nd, 2011
  2. November 12th, 2011
    Trackback from : rumus 16 tenses » english
  3. Januari 20th, 2012
  4. Maret 25th, 2012
  5. Mei 6th, 2012
  6. April 21st, 2013
  7. Desember 5th, 2013
    Trackback from : tenses | hanafihalim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: